Gaya Belajar, tipe peserta didik, kecocokan mengajar
TUGAS MATA KULIAH PPD
Disusun Oleh :
Nama : Frendi Ihwan
Syamsudin
NIM : K2316022
Kelas : B
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
SEBELAS MARET
SURAKARTA
2017
1.
Gaya belajar
yang cocok untuk saya adalah gaya belajar gabungan, yaitu menggabungkan antara gaya
belajar auditori, visual, dan kinestetik. Dikatakan gabungan karena saya
belajar dengan melihat, mendengarkan materi, dan mencatat materinya tersebut.
Ketika dosen menjelaskan materi, saya memperhatikan dan mendengarkan materi
yang disampaikan dosen sambil mencatat inti dari materi yang disampaikan oleh
dosen.
2.
Dia tipe orang
yang belajarnya dengan menggabungkan beberapa gaya belajar, yaitu dengan mendengarkan
dan melihat dosen saat menyampaikan materi disertai dengan mencatatnya. Saat
belajar dia lebih suka di tempat yang tidak terlalu ramai, terdapat pencahayaan
yang cukup (tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup), dirancang secara
formal, tidak memerlukan makanan atau camilan saat belajar, dan bisa belajar
dengan maksimal saat sendiri atau dengan kehadiran figur yang berwenang. Saat
belajar dia tidak suka menggunakan pensil/bolpoin warna-warni, dia lebih senang
menggunakan pensil/bolpoin warna hitam. Saat belajar dia lebih suka menggunakan
buku tulis biasa daripada buku binder. Dia lebih suka belajar sesuai urutan
materi, artinya adalah materi yang disampaikan oleh dosen dipelajarinya secara
urut dan runtut.
3.
Berdasarkan
hasil pengamatan, kita dapat mengetahui bahwa dia merupakan seseorang yang
belajarnya dilakukan dengan menggabungkan tiga tipe preferensi sensori, yaitu
tipe auditif, visual, dan kinestetik. Kita mengetahui bahwa gaya belajar
auditori merupakan gaya belajar yang mengandalkan pendengaran, artinya hanya
mendengarkan saja seseorang bisa langsung memproses suatu informasi. Kemudian
gaya belajar visual mengandalkan pengelihatan, artinya dengan melihat sesuatu
orang tersebut akan mudah dalam mengolah informasi. Kemudian gaya belajar
kinestetik berkaitan dengan gerakan yang mempermudah seseorang yang memiliki
tipe ini untuk memproses informasi. Dalam hal ini berarti dia belajar dengan
mendengarkan, mengamati, dan mencatat. Dia tidak bisa memproses informasi
secara cepat hanya dengan melihat saja atau hanya mendengarkan saja atau hanya
dengan mencatat saja, tetapi harus ada kombinasi dari ketiga hal tersebut. Oleh
karena itu, dia merasa tidak lengkap apabila salah satu dari ketiga hal
tersebut tidak dilaksanakan dalam belajarnya Sehingga dia dapat memproses suatu
informasi secara cepat apabila dia melihat kejadian atau melihat orang yang
menyampaikannya secara langsung, mendengarkan informasi tersebut secara
langsung, dan mencatat informasi tersebut. Dalam proses pembelajaran ketika dia
mendengarkan materi yang disampaikan oleh dosen, maka dia akan membayangkan
konsep dari meteri tersebut kemudian mencatatnya agar tidak lupa di kemudian
hari.
4.
Cara mengajar
dosen saya sudah cocok dengan gaya dan cara belajar saya, karena dosen saya
mengajar dengan menjelaskan materi secara jelas sehingga saya dapat
mendengarkannya. Saat memberikan perkuliahaan, dosen saya memposisikan diri
pada tempat yang strategis sehingga saya dapat melihatnya dan memperhatikan apa
yang dijelaskannya dengan mudah. Dosen saya juga memberikan poin-poin penting
dari materiyang dijelaskan, sehingga saya dapat mencatat materi tersebut. Dosen saya menyampaikan materi sesuai dengan
urutan penyampaian, sehingga saya dapat dengan mudah mempelajarinya secara urut
dan runtut.
Komentar
Posting Komentar