PENGERTIAN EVALUASI PEMBELAJARAN
PENGERTIAN
EVALUASI PEMBELAJARAN
Frendi Ihwan Syamsudin, Pendidikan Fisika 2016 B, K2316022
frendi868@gmail.com
frendi868@student.uns.ac.id
Evaluasi
adalah suatu proses untuk merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi
yang sangat diperlukan untuk membuat beberapa alternatif dalam mengambil
keputusan. Sesuai dengan pengertian tersebut maka setiap kegiatan evaluasi atau
penilaian merupakan suatu proses yang sengaja dilaksanakan untuk memeperoleh
informasi atau data; berdasarkan data tersebut kemudian dicoba membuat
keputusan. Dimana informasi data yang dikumpulkan itu haruslah data yang sesuai
dan mendukung tujuan evaluasi yang direncanakan. Tujuan evaluasi bisa berbeda
dengan tujuan dari ujian. Secara sederhana evalusi digunakan untuk memeperbaiki
sistem dengan cara memberi penilaian berdasarkan data yang diambil dari suatu
atau sekelompok objek. Sedangkan ujian dapat dilakukan tanpa ada tujuan untuk
memeperbaiki nilai. Ujian juga dapat dilakukan hanya untuk menyaring dan
menentukan kelas dari kumpulan objek.
Dalam UU no.201/2003 tentang sistem pendidikan nasional bab
I pasal I ayat 21 dijelaskan bahwa “evaluasi pendidikan adalah kegiatan
pengendalian, penjamin dan penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen
pendidikan pada setiap jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sebagau bentuk
pertanggung jawaban penyelenggaraan pendidikan”
Evaluasi pembelajaran menurut para ahli :
Guba dan Lincoln (1985:35),
evaluasi adalah “a
process for describing an evaluand and judging its merit and worth”.
Gilbert Sax (1980:18)
berpendapat bahwa
“evaluation is a process through whicha value judgement or decision is made
from a variety of observations andfrom the background and training of the
evaluator”.
Dalam buku Measurement
and Evaluation in Education and Psychology ditulis William A. Mohrens (1984:10)
Evaluasi, adalah
proses penggambaran dan penyempurnaan informasi yang berguna untuk menetapkan
alternatif. Evaluasi bisa mencakup arti tes dan measurement dan bisa juga
berarti di luar keduanya. Hasil Evaluasi bisa memberi keputusan yang
professional. Seseorang dapat mengevaluasi baik dengan data kuantitatif maupun
kualitatif.
Zainal Arifin (2013:5)
mengemukakan bahwa
pada hakikatnya evaluasi adalah suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan
untuk menentukan kualitas (nilai dan arti) daripada sesuatu, berdasarkan
pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka mengambil suatu keputusan.
Dari
beberapa definisi yang telah dikemukakan di atas dapat disimpulkan bahwa
evaluation adalah penilaian. Dari kata evaluation inilah diperoleh kata
berbahasa Indonesia dari evaluasi yang berarti menilai.
Reference
Ahmad Dahlan, S. (2014). Pengertian dan Peranan
Evaluasi Pembelajaran. Diambil kembali dari Eureka Pendidikan:
http://www.eurekapendidikan.com/2014/10/pengertian-dan-Peranan-evaluasi-pembelajaran.html
Drs. Asrul, M.Si, Rusydi Ananda,M.Pd dan Dra. Rosinita, MA, Evaluasi
Pembelajaran, Bandung : Citapustaka Media, 2014
Zainal Arifin, Evaluasi
Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2013
G. Sax, Principles
of Educational and Psychological Measurement and Evaluation, Belmont
California: Wads Worth Pub.Co, 1980
Willeiam A. Mohrens, dkk,
Measurement and Evaluation in Education and Psychology, New York: Rinchart
and Wionston, 1984.
Komentar
Posting Komentar