PENGERTIAN EVALUASI PEMBELAJARAN


                   PENGERTIAN EVALUASI PEMBELAJARAN
                   Frendi Ihwan Syamsudin, Pendidikan Fisika 2016 B, K2316022
                                                     frendi868@gmail.com
                                               frendi868@student.uns.ac.id

Evaluasi adalah suatu proses untuk merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat beberapa alternatif dalam mengambil keputusan. Sesuai dengan pengertian tersebut maka setiap kegiatan evaluasi atau penilaian merupakan suatu proses yang sengaja dilaksanakan untuk memeperoleh informasi atau data; berdasarkan data tersebut kemudian dicoba membuat keputusan. Dimana informasi data yang dikumpulkan itu haruslah data yang sesuai dan mendukung tujuan evaluasi yang direncanakan. Tujuan evaluasi bisa berbeda dengan tujuan dari ujian. Secara sederhana evalusi digunakan untuk memeperbaiki sistem dengan cara memberi penilaian berdasarkan data yang diambil dari suatu atau sekelompok objek. Sedangkan ujian dapat dilakukan tanpa ada tujuan untuk memeperbaiki nilai. Ujian juga dapat dilakukan hanya untuk menyaring dan menentukan kelas dari kumpulan objek.

Dalam UU no.201/2003 tentang sistem pendidikan nasional bab I pasal I ayat 21 dijelaskan bahwa “evaluasi pendidikan adalah kegiatan pengendalian, penjamin dan penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sebagau bentuk pertanggung jawaban penyelenggaraan pendidikan”
Evaluasi pembelajaran menurut para ahli :
Guba dan Lincoln (1985:35),
evaluasi adalah “a process for describing an evaluand and judging its merit and worth”.

Gilbert Sax (1980:18)
berpendapat bahwa “evaluation is a process through whicha value judgement or decision is made from a variety of observations andfrom the background and training of the evaluator”.

Dalam buku Measurement and Evaluation in Education and Psychology ditulis William A. Mohrens (1984:10)
Evaluasi, adalah proses penggambaran dan penyempurnaan informasi yang berguna untuk menetapkan alternatif. Evaluasi bisa mencakup arti tes dan measurement dan bisa juga berarti di luar keduanya. Hasil Evaluasi bisa memberi keputusan yang professional. Seseorang dapat mengevaluasi baik dengan data kuantitatif maupun kualitatif.

Zainal Arifin (2013:5)
mengemukakan bahwa pada hakikatnya evaluasi adalah suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk menentukan kualitas (nilai dan arti) daripada sesuatu, berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka mengambil suatu keputusan.

Dari beberapa definisi yang telah dikemukakan di atas dapat disimpulkan bahwa evaluation adalah penilaian. Dari kata evaluation inilah diperoleh kata berbahasa Indonesia dari evaluasi yang berarti menilai.




Reference
Ahmad Dahlan, S. (2014). Pengertian dan Peranan Evaluasi Pembelajaran. Diambil kembali dari Eureka Pendidikan: http://www.eurekapendidikan.com/2014/10/pengertian-dan-Peranan-evaluasi-pembelajaran.html

Drs. Asrul, M.Si, Rusydi Ananda,M.Pd dan Dra. Rosinita, MA, Evaluasi Pembelajaran, Bandung : Citapustaka Media, 2014
Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2013

G. Sax, Principles of Educational and Psychological Measurement and Evaluation, Belmont California: Wads Worth Pub.Co, 1980

Willeiam A. Mohrens, dkk, Measurement and Evaluation in Education and Psychology, New York: Rinchart and Wionston, 1984.

E.G. Guba, and Y.S. Lincoln, Effective Evaluation, San Francisco: Jossey-Bass Pub, 1985

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menggali Sumber Historis, Sosiologi, dan Politis Integrasi Nasional di Indonesia, Pengembangan Integrasi di Indonesia, Esensi dan Urgensi Integrasi Nasional

Perbedaan Bentuk-Bentuk Teks Tertulis

BENTUK TES TERTULIS