Peranan Pendidikan Tinggi Terhadap Perkembangan Nanoteknologi
Apa
Yang Harus Dilakukan Oleh Lembaga Pendidikan Tinggi Terhadap Perkembangan
Jurusan Nanoteknologi
1. Lembaga
Pendidikan Tinggi Harus Meningkatkan Mutu Pendidikan
Perkembangan
jurusan nanoteknologi harus disertai dengan peningkatan mutu pendidikan. Dalam hal
ini, mutu pendidikan di jurusan nanoteknologi harus selalu dikembangkan.
Pengembangan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya
adalah dengan memperbarui dan menyempurnakan sistem pendidikan yang telah ada,
menyempurnakan kurikulum perkuliahan, menyusun materi-materi yang akan dipelajari
dengan sedemikian rupa dan mudah dipahami oleh mahasiswa. Sehingga diharapkan
dengan adanya peningkatan mutu pendidikan dapat mengembangkan jurusan
nanoteknologi.
2. Lembaga
Pendidikan Tinggi Harus Mengembangkan Keterampilan Mahasiswa
Perkembangan
jurusan nanoteknologi menuntut mahasiswanya untuk memiliki keterampilan yang
kompeten. Dalam rangka mengembangkan keterampilan mahasiswa, lembaga pendidikan
tinggi dapat membentuk suatu tim khusus penelitian yang meneliti tentang
aspek-aspek nano yang melibatkan mahasiswa dalam kegiatannya. Lembaga pendidikan
tinggi dapat memberikan fasilitas-fasilitas penelitian, seperti alat
penelitian, pendanaan, dan tempat penelitian. Dengan adanya fasilitas penelitian
yang lengkap, maka penelitian akan berjalan dengan lancar. Sehingga diharapkan
keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa dapat meningkat dan tercipta suatu
produk teknologi nano yang bermanfaat
bagi kehidupan.
3. Lembaga
Pendidikan Tinggi Harus Menanamkan Nilai Agama
Jurusan
nanoteknologi merupakan jurusan yang mempelajari tentang sesuatu yang berukuran
nano dalam skala atom dan molekul. Mempelajari hal-hal seperti itu bila tidak
dilandasi dengan keimanan yang kuat akan menyebabkan mahasiswa menjadi salah
dalam penerapannya. Oleh karena itu diperlukan pembentukan akhlak mahasiswa
melalui pendidikan agama. Dengan adanya pendidikan agama dalam perkuliahan diharapkan dapat meningkatkan keimanan
mahasiswa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga mahasiswa tidak terjerumus ke
dalam hal yang dipelajarinya dan dapat mempertanggungjawabkan penemuannya di
bidang teknologi nano.
4. Lembaga
Pendidikan Tinggi Menyiapkan Lulusan yang Kompeten
Dengan
meningkatkan mutu pendidikan, memperbarui sistem pendidikan, menyempurnakan
kurikulum perkuliahan, mengembangkan keterampilan mahasiswa, dan pembentukan
akhlak mahasiswa melalui pendidikan agama diharapkan dapat menciptakan lulusan
jurusan nanoteknologi yang kompeten pada bidangnya. Kompeten disini bukan
berarti hanya ahli pada bidang nanoteknologi, tetapi juga dapat menerapkan
teknologi nano untuk kepentingan masyarakat. Teknologi-teknologi nano yang
dicipytakan harus dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Mahasiswa
nanoteknologi yang kompeten harus dapat bertanggung jawab terhadap teknologi nano
yang ditemukan, karena semua dampak yang ditimbulkan dari adanya teknologi
tersebut bergantung kepadanya.
Komentar
Posting Komentar