Peranan Pendidikan Tinggi Terhadap Perkembangan Nanoteknologi


Apa Yang Harus Dilakukan Oleh Lembaga Pendidikan Tinggi Terhadap Perkembangan Jurusan Nanoteknologi

1.      Lembaga Pendidikan Tinggi Harus Meningkatkan Mutu Pendidikan
Perkembangan jurusan nanoteknologi harus disertai dengan peningkatan mutu pendidikan. Dalam hal ini, mutu pendidikan di jurusan nanoteknologi harus selalu dikembangkan. Pengembangan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah dengan memperbarui dan menyempurnakan sistem pendidikan yang telah ada, menyempurnakan kurikulum perkuliahan, menyusun materi-materi yang akan dipelajari dengan sedemikian rupa dan mudah dipahami oleh mahasiswa. Sehingga diharapkan dengan adanya peningkatan mutu pendidikan dapat mengembangkan jurusan nanoteknologi.
2.      Lembaga Pendidikan Tinggi Harus Mengembangkan Keterampilan Mahasiswa
Perkembangan jurusan nanoteknologi menuntut mahasiswanya untuk memiliki keterampilan yang kompeten. Dalam rangka mengembangkan keterampilan mahasiswa, lembaga pendidikan tinggi dapat membentuk suatu tim khusus penelitian yang meneliti tentang aspek-aspek nano yang melibatkan mahasiswa dalam kegiatannya. Lembaga pendidikan tinggi dapat memberikan fasilitas-fasilitas penelitian, seperti alat penelitian, pendanaan, dan tempat penelitian. Dengan adanya fasilitas penelitian yang lengkap, maka penelitian akan berjalan dengan lancar. Sehingga diharapkan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa dapat meningkat dan tercipta suatu produk teknologi nano yang  bermanfaat bagi kehidupan.
3.      Lembaga Pendidikan Tinggi Harus Menanamkan Nilai Agama
Jurusan nanoteknologi merupakan jurusan yang mempelajari tentang sesuatu yang berukuran nano dalam skala atom dan molekul. Mempelajari hal-hal seperti itu bila tidak dilandasi dengan keimanan yang kuat akan menyebabkan mahasiswa menjadi salah dalam penerapannya. Oleh karena itu diperlukan pembentukan akhlak mahasiswa melalui pendidikan agama. Dengan adanya pendidikan agama dalam perkuliahan  diharapkan dapat meningkatkan keimanan mahasiswa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga mahasiswa tidak terjerumus ke dalam hal yang dipelajarinya dan dapat mempertanggungjawabkan penemuannya di bidang teknologi nano.
4.      Lembaga Pendidikan Tinggi Menyiapkan Lulusan yang Kompeten
Dengan meningkatkan mutu pendidikan, memperbarui sistem pendidikan, menyempurnakan kurikulum perkuliahan, mengembangkan keterampilan mahasiswa, dan pembentukan akhlak mahasiswa melalui pendidikan agama diharapkan dapat menciptakan lulusan jurusan nanoteknologi yang kompeten pada bidangnya. Kompeten disini bukan berarti hanya ahli pada bidang nanoteknologi, tetapi juga dapat menerapkan teknologi nano untuk kepentingan masyarakat. Teknologi-teknologi nano yang dicipytakan harus dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Mahasiswa nanoteknologi yang kompeten harus dapat bertanggung jawab terhadap teknologi nano yang ditemukan, karena semua dampak yang ditimbulkan dari adanya teknologi tersebut bergantung kepadanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menggali Sumber Historis, Sosiologi, dan Politis Integrasi Nasional di Indonesia, Pengembangan Integrasi di Indonesia, Esensi dan Urgensi Integrasi Nasional

Perbedaan Bentuk-Bentuk Teks Tertulis

BENTUK TES TERTULIS